Faktor yang mempengaruhi aktifitas fisik bagi remaja yang obesitas

Mengkonsumsi makanan yang berlebihan dan terlalu sering akan menyebabkan tubuh mempunyai cadangan makanan berlebih sehingga lemak pada tubuh juga akan menambah dan berlipat-lipat. Hal tersebut di sebabkan seseorang yang berpendidikan lebih tinggi akan meningkatkan kesempatan dan kemudahan dalam menerima informasi yang baru, yang kemudian berpengaruh pada sifat yang positif Handayani, Gaya hidup Obesitas bisa terjadi dikarenakan gaya hidup seseorang, apalagi zaman sekarang kemajuan teknologi telah berkembang pesat sehingga selain memberikan dampak positif bagi kehidupan seseorang tetapi juga memberikan dampak negatif.

Tipe-Tipe pada Obesitas Tipe pada obesitas dapat dibedakan menjadi 2 klasifikasi, yaitu Tipe obesitas berdasarkan bentuk tubuh dan Tipe obesitas berdasarkan keadaan sel lemak. M, Jadi olah raga sangat penting dalam penurunan berat badan, tidak hanya dapat membakar kalori, tetapi juga karena dapat membantu mengatur berfungsinya metabolis tubuh secara normal.

Makanan sumber zat besi adalah sayuran berwarna hijau, kacang-kacangan, hati, telur dan daging. Tabel 1. Banyak orang yang melakukan diet dengan cara mengurangi jumlah makannya, yaitu dari 3 kali seharimenjadi sekali, hal ini merupakan diet yag salah.

Pola konsumsi sayur dan buah pada penduduk Indonesia memang masih rendah daripada jumlah yang dianjurkan. Tingginya prevalensi obesitas remaja disebabkan oleh pertumbuhan urbanisasi dan perubahan gaya hidup seseorang termasuk asupan energi.

Meskipun sebagian besar komplikasi obesitas terjadi pada masa dewasa, remaja yang kegemukan lebih mungkin memiliki tekanan darah tinggi dan diabetes tipe 2 dibandingkan dengan remaja lain dengan berat badan normal. Orang obesitas tidak akan mengalami masalah psikologi yang berhubungan dengan kegemukan jika memang lingkugannya mempunyai pandangan bahwa gemuk itu justru lebih baik.

Masalahnya adalah, kegemukan ini tidak hanya dapat terbawa hingga dewasa, namun juga meningkatkan resiko-resiko kesehatan yang tidak dialami anak lain dengan berat badan yang normal. Semetara factor psikologis seperti stress dan tekanan emosional dapat memicu hormone kortisol yang merangsang remaja untuk mengkonsumsi makanan manis dan berlemak.

Teknologi yang canggih akan menjadikan orang malas-malasan karena semuanya dapat dilakuakan dengan lebih mudah tanpa mengelurakan tenaga yang banyak dengan mesin yang canggih. Ini berarti, makanan tidak lagi berfungsi untuk pertumbuhan tubuh, tetapi untuk mempertahankan keadaan gizi yang sudah didapat atau membuat gizinya menjadi lebih baik.

catatan seorang ahli gizi

Beberapa studi menunjukkan bahwa anak-anak yang menonton televisi lebih dari 4 jam sehari cenderung mengalami obesitas. Proporsi tersebut lebih besar dibandingkan kelompok murid yang mempunyai aktifitas sedang dan berat. Tipe ovoid umumnya terdapat pada orang-orang yang gemuk secara genetis.

Besarnya kebutuhan kalori dasar ini ditentukan oleh genetik atau keturunan. Kentang goreng Kentang sebenarnya merupakan jenis bahan mekanan dengan kalori rendah. Retrieved from http: Makanan yang mengandung kalori tinggi lebih sering pada makanan kemasan yang cepat saji seperti nugget ayam, burger, mnuman soda, kentang goreng, ice cream, gorengan, kuah daging, sosis sapi, sosis ayam, sereal manis, cokelat, mayones, aneka krim, kopi instan, mentega, roti gandum, keju, salad dressing serta masih banyak lagi makanan yang memicu timbulnya obesitas jika terlalu banyak dalam mengkonsumsinya.

Ini tentu bukan masalah remeh, karena ada berbagai gangguan kesehatan di balik obesitas anak. Perubahan fisik dan psikologis inilah yang memicu perubahan gaya hidup pada remaja seperti pola makan berlebih yang berujung pada obesitas. Dari populasi tersebut dicari kelompok kasus balita yang obesitas kemudian dipasangkan dengan kelompok kontrol balita yang tidak obesitas.

Namun keinginan untuk pola hidup lebih sehat dan penurunan factor resiko sehubungan dengan ancaman penyakit terhadap hidup memotivasi beberapa orang mengikuti diet dan program penurunan berat badan. Orang yang bekerja dengan duduk dan tidak banyak bergerak maka sebaiknya diimbangi dengan melakukan olahraga secara teratur dengan intensitas seminggu sekali atau dua kali ketika week end, maka hal ini akan membantu tubuh dalam menormalkan tubuh sera membakar lemak dalam tubuh sehingga lemak dalam tubuh tidak menumpuk yang dapat menyebabkan seseorang mengalami obesitas.

Hal ini adalah bentuk dari kegagalan mereka untuk memepertahankan berat badan normal.

GIZI SEIMBANG BAGI ANAK REMAJA & dEWASA

Hasil dari penulisan artikel ini dimaksudkan untuk menunjukkan faktor-faktor penyebab terjadinya obesitas pada remaja. Penelitian yang telah dilakukan pada orang yang gemuk atau obesitas dengan orag yang kurus. Kebutuhan Lemak dapat diperoleh dari daging berlemak, jerohan dan sebagainya.

Karbohidrat Karbohidrat memang merupakan peranan penting dalam alam karena merupakan sumber energi utama bagi manusia dan hewan yang harganya relative murah.

Tingkat pengeluaran energi tubuh sangat peka terhadap pengendalian berat tubuh. The data uses Primary and Secondary Data. Ternyata jumalah lemak yang ada pada tubuh anak salah satunya ditentukan oleh besarnya lemak yang ada pada tubuh orang tuanya melalui faktor genetik.

Dalam hal ini asupan energy yang berlebihan tanpa diimbangi aktivitas fisik rata-rata per hari yang seimbang maka akan mempermudah terjadinya kegemukan atau obesitas pada seseorang.Obesitas adalah penumpukan lemak tubuh yang berlebihan.

Obesitas dua kali lebih sering terjadi pada remaja semenjak 30 tahun yang lalu. Meskipun kebanyakan komplikasi pada obesitas terjadi pada masa dewasa, remaja yang Author: ANY WHERE.

Faktor resiko itu sendiri yang dapat mempengaruhi terjadinya obesitas pada remaja yaitu pola makan, pola hidup, pola aktifitas dan pola kesehatan, psikis dan obat-obatan hormonal yang telah dia konsumsi.

Remaja yang Author: Sehat Fresh. BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Obesitas a. Definisi Obesitas Obesitas adalah kelebihan lemak dalam tubuh, yang umumnya ditimbun dalam jaringan subkutan (bawah kulit), sekitar organ tubuh dan kadang terjadi perluasan ke. OBESITAS PADA ANAK-ANAK DAN REMAJA, BAHAYAKAH?

Hingga saat ini masih banyak orang yang berpendapat bahwa 'Anak yang gemuk itu sehat'. Namun apakah tubuh yang gemuk menandakan bahwa anak anda sehat? Kalangan yang lebih mempermasalahkan terjadinya obesitas yaitu kalangan remaja, baik remaja putri maupun remaja putra.

Menurut kalangan remaja terjadinya obesitas akan menjadikan mereka terlihat kurang menarik bagi lawan Author: Roro Dyiah.

B. Pertumbuhan, Perkembangan, Kebutuhan serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Anak Usia Sekolah Pertumbuhan dan perkembangan anak usia sekolah dipengaruhi oleh (interaction) dan keputusan-keputusan yang Umur 6.

Faktor yang mempengaruhi aktifitas fisik bagi remaja yang obesitas
Rated 3/5 based on 72 review