Pengaruh berat badan terhadap laju respirasi

Makin tinggi daratan, makin rendah O2, sehingga makin sedikit O2 yang dapat dihirup belalang.

Oleh karena itu, pada percobaan ini dilakukan perlakuan penurunan suhu dan kenaikan suhu air. Trakea merupakan alat pernafasan khas terdapat pada insekta, terdiri atas suatu sitem pembuluh udara trakea yang bercabang-cabang, dimulai dari cabang besar, yang makin lama percabangan tadi maki kecil dan akhirnya masing-masing cabang kecil tadi berakhir pada sel tubuh lihat gambar 8.

Pada menit keempat cairan eosin bergerak menuju skala 0,46ml sehingga kebutuhan oksigen pada menit keempat adalah 0,13ml. Oleh karena itu percobaan ini diadakan dalam waktu perubahan suhu tidak besar.

Udara masuk ke dalam sistem trakheal melalui lubang-lubang spirakel pada sisi kanan-kiri tubuh insekta Soewolo, Secara umum, respirasi karbohidrat dapat dituliskan sebagai berikut: Pada serangga, dengan adanya sistem trakheal ini, maka peredaran darah tidak berfungsi mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh, sebab fungsi ini telah dilakukan oleh sistem trakheal Soewolo, Urutan dua teratas merupakan fungsi utama, selanjutnya merupakan sekunder dari sistem pernafasan yaitu, menyediakan oksigen untuk darah, mengambil karbon dioksida dari dalam darah, membantu dalam mengatur keseimbangan dan regulasi keasaman cairan ekstraseluler dalam tubuh, membantu pengendalian suhu elliminasi air, fonasi pembentukan suara Yulia, Kemudian menunggu hingga ikan mas colaps atau meninggal baru mencatat suhu air yang terakhir.

Ketika suhu terlalu tinggi maka kadar oksigen yang terlarut di dalam air semakin rendah sehingga gerak opperculum semakin cepat karena ikan membutuhkan banyak sekali oksigen di dalam tubuhnya. Tumbuhan yang kandungan pati, fruktan, atau gulanya rendah, melakukan respirasi pada laju yang rendah.

Tumbuhan muda menunjukkan laju respirasi yang lebih tinggi dibanding tumbuhan yang tua. Lalu menghitung tertutup terbukanya operculum setiap menit dengan menggunakan counter sehingga perhitungan lebih valid.

Sebaliknya, semakin rendah suhu air maka konsentrasi oksigen terlarut akan semakin tinggi, dan menurunkan proses metabolisme sehingga menurunkan konsumsi oksigen, dan hal tersebut menyebabkan gerakan operkulum semakin lambat. Sedangkan bahan yang digunakan yaitu, ikan mas Cyprinus carpioair, dan es batu.

Tahapan pertama yaitu menimbang berat ikan yang akan di uji cobakan pada timbangan, pada saat menimbang menggunakan gelas beker sebagai wadah ikan.

Pada reptilia pertugasan gas tidak efektif Yudiarti dkk, Penurunan suhu berdampak pada penurunan konsumsi oksigen sehingga pergerakan opperculum menjadi lambat Kata kunci: Laju konsumsi oksigen dapat ditentukan dengan berbagai cara, antara lain dengan menggunakan mikrorespirometer, metode Winkler, maupun respirometer Scholander.

Menunggu sampai ikan nampak tenang, kemudian menghitung gerak operkulum selama satu menit dan mengulangi sampai tiga kali hitungan, kemudian mengambil rata-rata. Sumber utama oksigen dalam suatu perairan berasal sari suatu proses difusi dari udara bebas dan hasil fotosintesis organisme yang hidup dalam perairan tersebut Salmin, Kualitas air ditentukan oleh kelarutan oksigen DO dan derajat keasaman pH.

Pada menit kedua cairan eosin bergerak menuju skala 0,23ml sehingga kebutuhan oksigen pada menit kedua adalah 0,15ml. Sedangkan dalam proses respirasi secara anaerob dimana oksigen tidak atau kurang tersedia dan dihasilkan senyawa lain karbondioksida.

Kualitas air salah satunya dilihat dari segi kimia, dimana unsur kimia dalam air berfungsi sebagai pembawa unsur-unsur hara, mineral, vitamin dan gas-gas terlarut dalam air. Kecepatan larutan eosin itu bergerak ke dalam menunjukkan kecepatan pernapasan organisme serangga yang diselidiki.

Lebih lanjut, sejalan dengan berlangsungnya pemecahan, kerangka karbon-antara disediakan untuk menghasilkan berbagai produk esensial lainnya dari tumbuhan.

Jurnal Fisiologi Hewan Sistem Respirasi Hewan Vertebrata dan Invertebrata

Makin tinggi kadar garam, makin rendah kelarutan oksigen di dalam cairan Tim Dosen Fisiologi Hewan, Pengaruh pH terhadap pergerakan operkulum Berat gr.

Pada percobaan kedua terhadap jangkrik II dengan memiliki berat 4,7 gram pada menit pertama setelah pemberian eosin pada ujung respirometer menunjukkan skala 0,08ml sehingga kebutuhan oksigen pada menit pertama adalah 0,08ml.

Pada hewan poikilotermik air, misalnya kerang, udang dan ikan, suhu tubuhnya sangan ditentukan oleh keseimbangan konduktif dan konvektif dengan air mediumnya, dan suhu tubuhnya mirip dengan suhu air.Pengaruh suhu terhadap laju respirasi bervariasi tergantung dari kadar air, penyebaran biji, kapang dan serangga (Nurrahman, ).

Hasil pengukuran menunjukkan bahwa laju konsumsi oksigen larva P. maxima tertinggi terjadi pada perlakuan suhu 28 o C, salinitas 34 ‰ (BF) dan terendah pada perlakuan suhu 26 o C, salinitas 30 ‰ (AD) (Winanto, ).

Fungsi dilakukan penimbangan terhadap berat ikan yang digunakan yaitu untuk mengetahui pengaruh berat ikan terhadap laju respirasi yang terjadi. Karena semakin besar ukuran ikan, maka semakin besar pula oksigen yang di butuhkan oleh ikan tersebut. Hal tersebut dapat terjadi karena metabolisme yang di lakukan pun semakin cepat, dan ketika laju metabolisme semakin cepat, maka hal tersebut juga.

· Berat badan memiliki pengaruh terhadap laju respirasi, berat badan semakin berat maka semakin cepat laju respirasi pada organisme.

Eosin berfungsi sebagai indikator oksigen yang dihirup oleh organisme pada respirometer sederhana. Mengetahui pengaruh berat hewan (jangkrik) dan pada tumbuhan (kecambah) terhadap laju respirasi, 3. Mengetahui banyaknya gas oksigen yang dibutuhkan hewan (jangkrik) dan pada tumbuhan (kecambah) untuk ancientmarinerslooe.com: Renaldy Rizki Ramadani.

v Berat atau massa makhluk hidup mempengaruhi frekuensi pernapasan. Semakin berat makhluk hidup kecepatan frekuensi pernapasan (respirasi) semakin cepat.

Fungsi di timbang adalah untuk mengetahui pengaruh berat ikan berpengaruh terhadap laju respirasi yang terjadi. Dimana semakin besar ukuran ikan maka semakin banyak oksigen yang di butuhkan oleh tubuh tersebut. Karena pada tubuh yang besar maka metabolisme yang harus di lakukan pun semakin besar, dan ketika laju metabolisme semakin besar yang di butuhkan maka ikan juga membutuh kan.

Pengaruh berat badan terhadap laju respirasi
Rated 5/5 based on 23 review